Artikel Medis

Alergi berkurang apabila wanita hamil mengkonsumsi kacang-kacangan


Wanita hamil yang mengkonsumsi kacang tanah dan kacang-kacangan lain selama kehamilan dapat mencegah keturunan mereka menjadi menderita alergi terhadap kacang. Penelitian terhadap ibu-ibu hamil yang dilakukan oleh Michael Young MD dari Boston’s Children Hospital, Massachusetts mengungkapkan adanya hubungan terbalik antara terjadinya alergi kacang-kacangan dengan konsumsi kacang oleh ibu lima kali atau lebih dalam sebulan, dibandingkan dengan yang kurang dari jumlah tersebut (OR 0,31; IK 95% 0,13-0,75).

Studi ini mendukung hipotesis bahwa paparan dini terhadap alergen meningkatkan terjadinya toleransi dan menurunkan risiko alergi makanan pada masa kanak-kanak. Namun demikian studi-studi sebelumnya telah menunjukkan adanya hubungan searah antara alergi makan pada anak-anak dan pola makan ibu pada masa akhir dan setelah kehamilan, termasuk telur dan kacang-kacangan.

Namun demikian, panduan-panduan klinis terkini mendukung pola makan terbuka terhadap alergen-alergen potensial, sehingga ibu-ibu hamil dibebaskan untuk makan sesuai dengan keperluan gizi dan kesukaan selama masa hamil. Selain itu, menambahkan kacang-kacangan pada diet masa hamil juga mampu meningkatkan asupan protein dan asam folat, yang berguna untuk mencegah gangguan saraf dan sensitisasi kacang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.