Artikel Medis

Rekomendasi skrining kanker paru untuk individu risiko tinggi


Skrining kanker paru tahunan dengan menggunakan CT-scan dosis rendah direkomendasikan bagi individu dengan risiko tinggi, demikian pernyataan dari U.S. Preventive Services Task Force (USPSTF). Rekomendasi ini (grade B) diberikan untuk individu dewasa berusia 55-79 tahun dengan riwayat merokok 30 pak-tahun atau telah berhenti dalam kurun waktu 15 tahun sebelumnya.

Juru bicara USPSTF Michael L. LeFevre, MD, MSPH menyatakan bahwa, “Jelas cara terbaik untuk mencegah kematian karena kanker paru adalah dengan berhenti merokok, sehingga kami menekankan secara lebih keras, terutama di dalam pertimbangan klinis, bahwa rekomendasi ini tidak boleh dijadikan alasan untuk tetap merokok.” Dalam bagian pertimbangan klinis, rekomendasi ini juga menyatakan untuk tidak melakukan skrining terhadap individu dengan komorbid signifikan, terutama yang mendekati batas usia 80 tahun.

Skrining direkomendasikan untuk dilakukan setiap tahun, sampai indivudu tersebut telah berhenti merokok lebih dari 15 tahun atau mengalami gangguan kesehatan yang membatasi harapan hidup atau tidak mau/mampu menjalani pembedahan paru kuratif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.