Artikel Edukasi

Menjaga kualitas kesehatan tulang pada penyintas Lupus


Kualitas dan ketahanan tulang merupakan salah satu fondasi penting untuk menjaga kehidupan yang produktif dan menyenangkan. Tulang yang kuat membuat anda dapat melakukan banyak hal tanpa harus dikhawatirkan dengan kemungkinan nyeri ataupun kerapuhan tulang yang dapat menyebabkan patah tulang. Namun demikian, Lupus, baik penyakitnya sendiri maupun pengobatan yang diberikan untuk mengontrol dapat menyebabkan terjadinya kondisi osteoporosis. Selain itu, rekan-rekan Odapus (Orang dengan Lupus) seringkali mengalami kondisi hipersensitivitas terhadap cahaya matahari yang membuatnya tidak dapat mendapatkan cahaya matahari mencukupi untuk menjaga kesehatan tulang.

Kualitas dan ketahanan tulang dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah genetik/keturunan, asupan kalsium pada masa pertumbuhan, paparan sinar matahari dan juga penyakit atau obat-obatan tertentu. Lupus seringkali mengenai individu pada usia remaja atau dewasa muda, sehingga menghambat metabolisme kalsium tulang dari usia muda, sedangkan puncak deposisi kalsium di dalam tulang akan terjadi sampai usia 30 tahun. Selain itu, sebagaimana telah disebutkan di atas keterbatasan paparan sinar matahari juga membuat rekan odapus tidak bisa mengoptimalkan metabolisme kalsiumnya. Obat-obatan seperti metilprednisolon dan imunosupresan juga dapat memperberat kondisi tulang odapus, meskipun demikian tentunya harus dilanjutkan karena bila tidak kondisi penyakit dapat memberat.

Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang kawan odapus dapat lakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis/keropos tulang, diantaranya adalah:

  1. Pastikan mendapatkan asupan kalsium yang cukup, minimal 1000 mg/hari disertai dengan vitamin D3 1000-2000 Unit/hari. Asupan ini bisa didapatkan dari suplemen maupun dari sumber makanan alami seperti susu, ikan, keju dan mentega.
  2. Olahraga rutin dengan intensitas sedang, seperti renang dan jalan cepat, sebisa mungkin saat pagi hari antara jam 7-8 pagi. Jangan lupa untuk memakai tabir surya dengan SPF minimal 50 untuk mencegah sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kekambuhan lupus.
  3. Apabila rekan odapus mendapatkan metilprednisolon/prednison/dexametason dalam jangka panjang (lebih dari 6 bulan), konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan terapi pencegahan osteoporosis dengan bisfosfonat. Bisfosfonat adalah obat yang biasa digunakan untuk memperkuat struktur tulang dan mencegahnya terhadap kerusakan yang disebabkan oleh osteoporosis.
  4. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan densitas tulang untuk melihat apakah anda sudah mengalami osteoporosis atau belum.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga berguna untuk rekan-rekan odapus sekalian. Jangan lupa untuk hidup sehat dan jadikan lupus sebagai sahabat. Salam LDHS.

Baca lebih lanjut mengenai lupus di artikel di bawah ini:

Apa itu Lupus Eritematosus Sistemik?

Mari mengenal lebih jauh: Tanda dan Gejala Lupus

Mari mengenal lebih jauh: Bagaimana kita mendiagnosis Lupus

Mari mengenal lebih jauh: Bagaimana Lupus diobati

Mari mengenal lebih jauh: Hidup sehat dengan Lupus

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.