Asma dan Alergi

Sekilas Mengenai Intoleransi Laktosa


Susu adalah makanan pertama yang dikonsumsi oleh bayi, bahkan dianggap sebagai salah satu makanan tersehat untuk anda. Bayangkan apabila anda kemudian mengalami gangguan pencernaan hanya karena anda makan sereal dengan susu atau es krim. Itulah rasanya apabila anda mengalami intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah suatu kondisi di mana seorang individu tidak dapat mencerna gula dalam susu dengan baik, sehingga menimbulkan gangguan saluran cerna mulai dari kembung sampai diare. Intoleransi laktosa tidak dapat disembuhkan, namun demikian ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala dan merasa lebih baik.

Apa saja gejala intoleransi laktosa?
Paling cepat dalam waktu 30 menit, namun sebelum 2 jam setelah konsumsi produk susu, orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut (mulai ringan sampai berat):

  • Kembung
  • Kram/melilit
  • Diare
  • Buang gas disertai nyeri
  • Mual

Toleransi individu terhadap laktosa berbeda-beda, hal ini mempengaruhi seberapa cepat dan berat anda mengalami gejala. Beberapa orang bisa saja sensitif terhadap makanan dengan  kandungan laktosa sedikit, sedangkan orang lainnya perlu memakan dalam jumlah besar baru mengalami keluhan.

Makanan apa saja yang mengandung laktosa?
Produk susu seperti susu dan es krim merupakan salah satu yang tersering mengandung laktosa tinggi. Namun laktosa juga dapat ditemukan pada susu bubuk, produk olahan susu, atau whey, termasuk:

  • Roti dan kue2an
  • Permen
  • Sereal
  • Saus salad

Apa yang menyebabkan intoleransi laktosa?
Orang dengan intoleransi laktosa tidak dapat mencerna laktosa, gula utama pada susu dan produk susu. Masalahnya adalah individu-individu ini tidak memproduksi cukup enzim untuk mencerna laktosa (laktase) yang dibentuk di dalam usus halus. Sehingga pada saat mereka memakan makanan atau obat-obatan yang mengandung laktosa, mereka mengalami gejala.

Bagaimana menangani intoleransi laktosa?
Apabila anda atau orangorang tercinta anda mengalami intoleransi laktosa, ingat beberapa hal di abwah ini:

  • Makan susu/produk susu dalam jumlah kecil disertai dengan makanan lain, hal ini dapat membantu oleh karena lebih mudah mencerna laktosa pada saat dimakan bersama dengan makanan lain.
  • beberapa produk susu lebih mudah dicerna oleh orang dengan intoleransi laktosa, seperti keju, yogurt dan keju lembut.
  • Menggunakan produk-produk susu bebas laktosa akan membantu untuk mengatasi gejala-gejala yang disebabkan oleh intoleransi laktosa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.