Artikel Medis

Injeksi Insulin: Tips untuk Mengatur Gula Darah Anda


Diabetic itemsKendali gula darah merupakan kunci utama keberhasilan penanganan pasien dengan diabetes. Kendali gula darah yang baik telah terbukti mampu menekan angka kejadian komplikasi, baik jantung, ginjal, stroke maupun kerusakan saraf. Namun demikian, bagi para diabetesi yang menggunakan insulin menentukan dosis dan target gula darah sering menjadi kendala. Artikel ini akan membantu anda untuk mengendalikan gula darah menggunakan insulin dengan tiga langkah mudah, Tentukan target gula darah, Tentukan tipe/dosis insulin dan Tentukan hasil pengendalian gula darah.

Tentukan Target Gula Darah

Target kendali gula darah yang baik untuk penderita diabetes berusia kurang dari 60 tahun tanpa komplikasi adalah 80-100 mg/dL (gula darah puasa) dan <140 mg/dL (gula darah 2 jam pasca makan). Untuk menentukan hasil gula darah puasa periksalah gula darah puasa anda pagi hari sebelum makan, baiknya pada waktu yang sama setiap pagi dan dalam kondisi sehat. Sedangkan gula darah pasca makan lebih sulit untuk ditentukan oleh karena variasi yang besar dalam pola makan kita, usahakan untuk memeriksakan dalam waktu beberapa hari dengan pola makan stabil.

Tentukan Tipe/Dosis Insulin

Gula darah puasa dapat dikendalikan dengan pemberian insulin basal seperti Lantus™ atau Levemir™. Setelah anda mengetahui dosis insulin puasa anda yang telah ditentukan oleh dokter, evaluasilah kadar gula darah puasa anda setiap 3-5 hari sekali. Untuk mencapai kadar gula darah puasa 80-100 mg/dL dosis insulin basal bisa dinaikkan secara bertahap 2 unit setiap kalinya. Gula darah pasca makan dapat dikendalikan menggunakan insulin kerja pendek seperti Novorapid™ dan Apidra™. Seperti dijelaskan di atas mengendalikan gula darah pasca makan lebih rumit dibandingkan puasa, baiknya anda tidak segera menaikkan dosis insulin tapi pastikan dulu selama 2-3 hari ke depan apabila gula darah pasca makan belum sesuai target. Seperti insulin basal, insulin kerja pendek dapat dinaikkan 2 unit secara bertahap sampai kadar gula darah mencapai target yang anda inginkan.

Tentukan Hasil Pengendalian Gula Darah

Setiap anda meningkatkan dosis insulin evaluasi hasil pengendalian gula darah 2-3 hari ke depan. Ingatlah bahwa dibutuhkan waktu untuk mengendalikan gula darah, jangan terlalu khawatir dengan kadar gula darah anda yang tinggi. Komplikasi diabetes oleh karena gula darah tinggi memerlukan waktu 5-10 tahun untuk muncul, sebaliknya berhati-hatilah dengan gula darah rendah (hipoglikemia). Hipoglikemia merupakan komplikasi yang lebih mengkhawatirkan, karena efeknya bisa langsung dirasakan segera bahkan bisa sampai menyebabkan kematian apabila berkepanjangan. Naikkan dosis insulin anda secara perlahan, habiskan makanan anda dan waspada terhadap tanda dan gejala hipoglikemia. Hipoglikemia bisa muncul dengan gejala keringat dingin, berdebar, lemas dan kunang-kunang. Apabila anda mengalami gejala seperti tersebut segera cek kadar gula darah anda, hipoglikemia terjadi bila kadar gula darah <60 mg/dL. Segera minum/makan sesuatu dengan kadar gula tinggi, seperti teh manis atau permen, kemudian kontrol ke dokter anda untuk mengevaluasi sebab hipoglikemia tersebut.

PERHATIAN: Pengendalian gula darah menggunakan insulin memerlukan koordinasi erat dengan dokter yang merawat anda. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi dan bukan menggantikan kontrol rutin untuk evaluasi kondisi anda dengan dokter yang merawat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.