Artikel Edukasi

Mari mengenal lebih jauh: Immune Thrombocytopenic Purpura


Apakah itu Immune Thrombocytopenic Purpura (ITP)?

ITP juga dikenal sebagai purpura trombositopenik atau idiopatik, adalah kelainan pendarahan langka yang ditandai dengan jumlah trombosit yang rendah dalam darah. Trombosit dibutuhkan untuk pembekuan darah. Pada pasien dengan ITP, sistem kekebalan tubuh seseorang menciptakan antibodi yang menandai trombosit sehat sebagai “zat asing” dan kemudian secara keliru menyerang dan menghancurkannya.

Sebagai penyakit autoimun yang berakibat pada penghancuran trombosit, pasien dengan ITP memiliki kecenderungan untuk mengalami perdarahan atau memar. Immune mengacu pada keterlibatan sistem kekebalan tubuh dalam gangguan ini. Antibodi, bagian dari pertahanan kekebalan tubuh terhadap infeksi, menempel pada trombosit, sel-sel yang membantu menghentikan pendarahan, dan menyebabkan kerusakan mereka. Trombositopenia mengacu pada penurunan platelet darah. Purpura mengacu pada daerah yang tampak keunguan pada kulit dan selaput lendir (seperti lapisan mulut) dimana perdarahan terjadi akibat penurunan trombosit.

Sementara beberapa kasus ITP disebabkan oleh obat-obatan dan lainnya terkait dengan infeksi, kehamilan, atau gangguan kekebalan tubuh seperti lupus eritematosus sistemik, sekitar setengah dari semua kasus diklasifikasikan sebagai “idiopatik,” yang berarti penyebabnya tidak diketahui.

Apa sajakah gejala ITP?

Gejala utamanya adalah perdarahan yang bisa meliputi memar (“ecchymosis”) dan titik merah kecil pada kulit atau selaput lendir (“petechiae”). Dalam beberapa kasus pendarahan dari hidung, mulut dan gusi, saluran pencernaan atau saluran kemih juga bisa terjadi. Jarang terjadi perdarahan di dalam otak.

Bagaimanakan dokter mendiagnosis ITP?

Dokter akan menganamnesis dan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. Tinjauan ulang terhadap obat-obatan yang dikonsumsi pasien penting karena beberapa obat dapat dikaitkan dengan trombositopenia. Penghitungan darah lengkap (DPL) akan dilakukan untuk menghitung jumlah untuk setiap jenis sel darah termasuk trombosit. Jumlah trombosit yang rendah akan menyebabkan trombositopenia sebagai penyebab purpura. Seringkali prosedur selanjutnya adalah pemeriksaan sumsum tulang untuk memastikan bahwa ada sel pembentukan platelet yang memadai (megakaryocyte) di sumsum dan untuk menyingkirkan penyakit lain seperti kanker metastatik (kanker yang telah menyebar ke sumsum tulang) dan leukemia (kanker Sel darah itu sendiri). Sampel darah lain mungkin tertarik untuk memeriksa kondisi lain yang kadang dikaitkan dengan trombositopenia seperti lupus dan infeksi.

Bagaimanakah pengobatan untuk ITP?

Jika dokter berpikir obat adalah penyebab trombositopenia, pengobatan standar melibatkan penghentian penggunaan obat tersebut. Infeksi, jika ada, ditangani dengan giat karena kontrol infeksi dapat menyebabkan kembalinya jumlah trombosit menjadi normal.

Pengobatan purpura thrombocytopenic idiopatik ditentukan oleh tingkat keparahan gejala. Dalam beberapa kasus, tidak ada terapi yang dibutuhkan. Dalam kebanyakan kasus, obat yang dapat mengendalikan serangan sistem kekebalan pada trombosit ditentukan. Ini termasuk kortikosteroid (yaitu prednison) dan / atau infus intravena immune globulin (IVIG). Pengobatan lain yang biasanya menghasilkan peningkatan jumlah trombosit adalah pengangkatan limpa, organ yang menghancurkan trombosit berlapis antibodi. Obat-obatan lain seperti vincristine, azathioprine (Imuran), Danazol, siklofosfamid, dan siklosporin diresepkan untuk pasien hanya pada kasus-kasus yang parah dimana perawatan lain belum menunjukkan manfaatnya, karena obat ini berpotensi menimbulkan efek samping.

Kecuali dalam situasi tertentu (mis., Perdarahan internal dan persiapan operasi), transfusi trombosit biasanya tidak menguntungkan dan oleh karena itu jarang dilakukan. Karena semua terapi dapat memiliki risiko, penting untuk melakukan overtreatment (pengobatan hanya berdasarkan jumlah trombosit dan bukan pada gejala) yang harus dihindari.

Apa sajakah yang harus diperhatikan untuk penderita ITP?

Dalam beberapa kasus, penyesuaian gaya hidup mungkin membantu pencegahan perdarahan akibat cedera. Ini termasuk penggunaan alat pelindung seperti helm dan penghindaran olahraga kontak pada pasien simtomatik atau bila jumlah trombosit kurang dari 50.000. Jika tidak, pasien biasanya dapat melakukan aktivitas normal, namun keputusan akhir tentang aktivitas harus dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli hematologi pasien.

Apakah ITP bisa disembuhkan?

Sejarah alami ITP pada orang dewasa sangat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan gejala dan respons terhadap terapi apapun. Remisi spontan terjadi lebih jarang daripada pada anak-anak. Prognosis umumnya jinak bahkan pada kasus refrakter.

2 replies »

  1. Hallo dok,
    Untuk penyitas ITP vitamin apa baiknya untuk di konsumsi selain Omega 3 ?
    Apakah aman utk penyitas ITP suntik vitamin C atau suntik pemutih kulit seperti yg lagi trend saat ini ?
    Terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.