Artikel Edukasi

Merawat tubuh dengan lupus


Lakukan langkah-langkah untuk merawat tubuh Anda jika Anda menderita lupus. Tindakan sederhana dapat membantu mencegah kekambuhan lupus dan, jika terjadi, lebih baik bersahabat dengan tanda dan gejala yang Anda alami.

Cobalah untuk:

  • doctor-1650291_960_720Temui dokter Anda secara teratur. Melakukan pemeriksaan rutin, bukan hanya bertemu dokter saat gejala Anda memburuk, dapat membantu dokter mencegah flare-up, dan berguna untuk mengatasi masalah kesehatan rutin, seperti stres, diet dan olahraga yang dapat membantu mencegah komplikasi lupus.
  • Istirahat yang cukup. Orang dengan lupus sering mengalami kelelahan yang persisten yang berbeda dengan kelelahan normal dan itu belum tentu membaik karena istirahat. Oleh karena itu, sulit menilai kapan Anda harus melambat. Dapatkan banyak tidur di malam hari dan tidur siang atau istirahat di siang hari sesuai kebutuhan.
  • Pintar berhubungan dengan matahari. Karena sinar ultraviolet bisa memicu flare, pakai pakaian pelindung – seperti topi, baju lengan panjang dan celana panjang – dan gunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 55 setiap kali Anda pergi keluar.
  • Lakukan olahraga teratur. Olahraga dapat membantu Anda pulih dari penyakit, mengurangi risiko serangan jantung, membantu melawan depresi dan meningkatkan kesehatan umum. Baca lebih lanjut mengenai olahraga di sini.
  • Jangan merokok. Merokok meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan dapat memperburuk efek lupus pada jantung dan pembuluh darah Anda.
  • Makanlah makanan yang sehat. Diet sehat menekankan buah, sayuran dan biji-bijian. Terkadang Anda mungkin memiliki batasan diet, terutama jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kerusakan ginjal atau masalah gastrointestinal.

lima-dasar-hidup-sehat-ldhs

Terkadang pengobatan alternatif atau komplementer bisa bermanfaat bagi penderita lupus. Namun, terapi ini biasanya digunakan bersama pengobatan konvensional. Diskusikan perawatan ini dengan dokter Anda sebelum memulai dengan obat Anda sendiri. Dia dapat membantu Anda mempertimbangkan manfaat dan risiko dan memberi tahu Anda jika perawatan tersebut akan mengganggu pengobatan lupus Anda saat ini. Pengobatan komplementer dan alternatif untuk lupus meliputi:

  • Dehydroepiandrosterone (DHEA). Suplemen yang mengandung hormon ini telah terbukti mengurangi dosis steroid yang dibutuhkan untuk menstabilkan gejala pada beberapa orang yang menderita lupus.
  • Minyak ikan. Suplemen minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mungkin bermanfaat bagi penderita lupus. Studi pendahuluan telah menemukan beberapa efek menguntungkan, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan. Efek samping suplemen minyak ikan bisa termasuk mual, bersendawa dan rasa amis di mulut.
  • Vitamin D. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa orang dengan lupus dapat memperoleh manfaat dari suplemen vitamin D.

2 replies »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.