Artikel Edukasi

Komplikasi dari Penyakit Lupus


Lupus merupakan penyakit kronik dan kompleks, peradangan yang terjadi dapat mempengaruhi berbagai macam sistem organ di dalam tubuh anda serta menyebabkan beberapa komplikasi terkait. Penting mengetahui apa saja yang dapat disebabkan oleh lupus sehingga anda dapat bersiap menghadapi dan bersahabat dengannya.

Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat mempengaruhi banyak area tubuh Anda, termasuk:

  • kidneyGinjal. Lupus dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang serius, dan gagal ginjal adalah salah satu penyebab utama kematian di antara penderita lupus. Tanda dan gejala masalah ginjal bisa termasuk gatal-gatal, nyeri dada, mual, muntah dan pembengkakan kaki (edema).
  • Otak dan sistem saraf pusat. Jika otak Anda terkena lupus, Anda mungkin mengalami sakit kepala, pusing, perubahan perilaku, halusinasi, dan bahkan stroke atau kejang. Banyak penderita lupus mengalami masalah ingatan dan mungkin mengalami kesulitan mengekspresikan pemikiran mereka.
  • Darah dan pembuluh darah. Lupus dapat menyebabkan masalah darah, termasuk anemia dan peningkatan risiko perdarahan atau pembekuan darah. Hal ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah (vaskulitis).
  • Paru-paru. Lupus meningkatkan kemungkinan Anda terkena radang pada lapisan rongga dada (pleurisy), yang bisa membuat pernapasan terasa sakit. Anda mungkin juga lebih rentan terhadap pneumonia.
  • Lupus bisa menyebabkan radang otot jantung, arteri atau selaput jantung (pericarditis). Risiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung juga meningkat.

Jenis komplikasi lain

Memiliki lupus juga meningkatkan risiko Anda untuk mengalami:

  • Orang dengan lupus lebih rentan terhadap infeksi karena penyakit dan perawatannya memperlemah sistem kekebalan tubuh. Infeksi yang paling sering menyerang orang dengan lupus meliputi infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernafasan, infeksi kandida, salmonella, herpes dan herpes zoster.
  • Memiliki lupus juga meningkatkan risiko kanker Anda.
  • Kematian jaringan tulang (avascular necrosis). Hal ini terjadi ketika suplai darah ke tulang berkurang, sering menyebabkan kerusakan kecil di tulang dan akhirnya fraktur. Sendi panggul paling sering terkena.
  • pregnant-tummies-heart-in-anticipation-of-the-60646Komplikasi kehamilan. Wanita dengan lupus memiliki peningkatan risiko keguguran. Lupus meningkatkan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan (preeklampsia) dan kelahiran prematur. Untuk mengurangi risiko komplikasi ini, dokter sering menyarankan untuk menunda kehamilan sampai penyakit Anda terkendali setidaknya selama enam bulan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.