Artikel Edukasi

Bagaimana dokter mendiagnosis Sindrom Sjogren


Sindrom Sjogren adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang dikarakteristikkan oleh dua gejala paling umum – mata kering dan mulut kering. Kondisi ini sering menyertai gangguan sistem kekebalan tubuh lainnya, seperti RA dan lupus. Pada Sindrom Sjogren, selaput lendir dan kelenjar yang mengeluarkan cairan di mata dan mulut Anda biasanya terkena dampak pertama – mengakibatkan penurunan air mata dan air liur.

image4

Tes Schirmer untuk mengetahui kapasitas produksi air mata.

Sindrom Sjogren sulit untuk didiagnosis karena tanda dan gejala bervariasi dari orang ke orang dan dapat serupa dengan yang disebabkan oleh penyakit lain. Efek samping dari sejumlah obat juga meniru beberapa tanda dan gejala Sindrom Sjogren. Beberapa dapat membantu menyingkirkan kondisi lain dan membantu menentukan diagnosis sindrom Sjogren.

Tes mata

Dokter Anda bisa mengukur kekeringan mata Anda dengan tes yang disebut tes Schirmer. Sepotong kecil kertas saring ditempatkan di bawah kelopak mata bagian bawah untuk mengukur produksi air mata Anda.

Tes pencitraan

Tes pencitraan tertentu dapat memeriksa fungsi kelenjar liur Anda, seperti:

Sialogram

Sinar X khusus ini bisa mendeteksi pewarna yang disuntikkan ke kelenjar ludah di depan telinga Anda. Prosedur ini menunjukkan berapa banyak air liur mengalir ke mulut Anda.

Skintigrafi saliva

Uji coba obat nuklir ini melibatkan injeksi ke dalam vena isotop radioaktif, yang dilacak lebih dari satu jam untuk melihat seberapa cepat zat tersebut tiba di semua kelenjar liur Anda.

Biopsi

Dokter Anda mungkin juga melakukan biopsi bibir untuk mendeteksi adanya kelompok sel inflamasi, yang dapat mengindikasikan Sindrom Sjogren. Untuk tes ini, sekumpulan jaringan dikeluarkan dari kelenjar ludah di bibir Anda dan diperiksa di bawah mikroskop.

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.