Artikel Edukasi

Terapi gaya hidup untuk Sindrom Sjogren


Sindrom Sjogren adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang dikarakteristikkan oleh dua gejala paling umum – mata kering dan mulut kering. Kondisinya jauh lebih umum pada wanita. Pengobatan berfokus pada menghilangkan gejala dan banyak gejala Sindrom Sjogren berespons dengan baik terhadap tindakan perawatan mandiri.

Untuk meringankan mata kering:

Gunakan air mata buatan, pelumas mata atau keduanya.

454875783.g_0-w_g

Contoh air mata buatan

Air mata tiruan – dalam bentuk tetes mata – dan pelumas mata – dalam bentuk tetes mata, gel atau salep – membantu meringankan ketidaknyamanan mata kering. Anda tidak perlu mengoleskan pelumas mata sesering air mata buatan. Karena konsistensi mereka yang lebih tebal, pelumas mata bisa mengaburkan penglihatan dan menumpuk di bulu mata Anda, jadi Anda mungkin ingin menggunakannya hanya saat malam hari. Dokter Anda mungkin merekomendasikan air mata buatan tanpa pengawet, yang dapat mengganggu mata penderita sindroma mata kering.

 

Meningkatkan kelembaban.

075651_anakkacamata460getty

Gunakan kacamata saat bepergian untuk kurangi iritasi mata.

Meningkatkan kelembaban dalam ruangan dan mengurangi paparan udara mengalir dapat membantu menjaga mata dan mulut agar tidak kering. Misalnya, hindari duduk di depan kipas angin atau ventilasi udara, dan kenakan kacamata atau kacamata pelindung saat Anda pergi ke luar rumah.

Untuk membantu mulut kering:

  • Jangan merokok. Merokok bisa mengiritasi dan mengeringkan mulut Anda.
  • Tingkatkan asupan cairan Anda. Ambil teguk cairan, terutama air, sepanjang hari.
  • Hindari minum kopi atau alkohol karena bisa memperburuk gejala mulut kering.
  • Juga hindari minuman asam seperti cola dan beberapa minuman olahraga karena asamnya bisa membahayakan enamel gigi Anda.

Merangsang aliran air liur. Permen tanpa gula atau permen beraroma jeruk dapat meningkatkan aliran air liur. Karena sindrom Sjogren meningkatkan risiko rongga gigi Anda, batasi permen, terutama di antara waktu makan.

 

31lsV9OooiL._AC_UL320_SR240,320_

Cobalah air liur buatan. Produk pengganti saliva sering bekerja lebih baik daripada air biasa karena mengandung pelumas yang membantu mulut Anda tetap lembab lebih lama. Produk ini hadir sebagai semprotan atau permen.

 

Gunakan semprotan garam hidung. Semprotan garam hidung bisa membantu melembabkan dan membersihkan saluran hidung sehingga Anda bisa bernapas dengan bebas melalui hidung. Hidung kering dan pengap bisa menambah pernapasan mulut.

Kesehatan mulut

Mulut kering meningkatkan risiko rongga gigi dan kehilangan gigi. Untuk membantu mencegah jenis masalah tersebut:

  • Sikat gigi dan benang Anda setiap habis Jadwal janji gigi biasa, setidaknya setiap enam bulan
  • Gunakan perawatan fluorida harian dan obat kumur antimikroba

Area lain yang kering

Jika kulit kering menjadi masalah, hindari air panas saat Anda mandi. Keringkan kulit Anda secara lembut – jangan menggosok – dengan handuk, dan oleskan pelembab saat kulit Anda masih lembab. Gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau membersihkan rumah. Pelembab dan pelumas vagina membantu wanita yang mengalami kekeringan vagina.

5 replies »

  1. Sy ditegakkan SS dan melalui pola mkn yg benar lambat laun sy remisi obat dan kulit tdk tlalu kering lg. Tetes mata rutin shari 3x…sangat mbantu kondisi sy.
    Terimakasih dr Stevent…unt sgala suportnya. Dan unt teman2 AI…ttp semangat dan cpt berdamai dgn kondisi kita.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Dok, saya sejak 2015 terindikasi SS dengan kulit kering dok, tetapi skrg yg sangat menganggu adalah nyeri di leher, kulit kepala terasa nyeri aplg jk d kuncir dan rambut saya rontok sekali dok hingga tipis sekali, bagaimana ya dok dg kondisi saya ini? apakah ada suplemen yg bs membantu atw bgmn dok?

    Suka

    • Sebaiknya rambut tidak dikuncir mbak ika, untuk meredakan tarikan di kulit kepala. Rajin2 pakai pelembab seperti vaseline petroleum jelly di daerah yang kering. Jangan lupa minum air putih 1 gelas setiap 1-2 jam sekali ya. Hindari ruangan ber AC atau gunakan humidifier untuk mencegah kekeringan berlebihan di ruangan tersebut.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.