Artikel Edukasi

Mari mengenal Kondisi Autoimun Vaskulitis : Diagnosis


Bagaimana cara diagnosis vaskulitis?

Dokter akan mulai dengan mengambil riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Kemudian anda akan menjalani satu atau lebih tes diagnostik dan prosedur untuk menyingkirkan kondisi lain yang meniru vaskulitis atau mendiagnosis vaskulitis. Pengujian dan prosedur tersebut dapat meliputi:

  • Tes darah. Tes ini mencari tanda-tanda peradangan, seperti tingkat tinggi protein C-reaktif. Jumlah sel darah lengkap dapat mengetahui apakah Anda memiliki cukup sel darah merah. Tes darah yang mencari antibodi tertentu – seperti tes antibodi sitoplasma anti-neutrofil – dapat membantu mendiagnosis vaskulitis.
  • Tes urin. Tes ini dapat mengungkapkan apakah urin Anda mengandung sel darah merah atau memiliki terlalu banyak protein, yang dapat menandakan masalah medis.
  • Tes pencitraan. Teknik pencitraan noninvasif dapat membantu menentukan pembuluh darah dan organ apa yang terpengaruh. Mereka juga dapat membantu dokter memantau apakah Anda merespons pengobatan. Tes pencitraan untuk vaskulitis meliputi sinar-X, ultrasound, tomografi terkomputerisasi (CT), magnetic resonance imaging (MRI) dan positron emission tomography (PET).
  • Pencitraan Sinar-X untuk pembuluh darah (angiografi). Selama prosedur ini, kateter fleksibel, menyerupai sedotan tipis, dimasukkan ke arteri besar atau vena. Pewarna khusus (medium kontras) kemudian disuntikkan ke kateter, dan sinar-X diambil saat pewarna mengisi arteri atau vena. Garis besar pembuluh darah Anda terlihat pada sinar-X yang dihasilkan.
  • Ini adalah prosedur operasi di mana dokter Anda menghilangkan sampel jaringan kecil dari daerah yang terkena tubuh Anda. Dokter Anda kemudian memeriksa jaringan ini untuk tanda-tanda vaskulitis.

2 replies »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.