Artikel Edukasi

Mari mengenal Kondisi Autoimun Vaskulitis : Pengobatan dan Dukungan


Bagaimana cara mengobati vaskulitis?

Pengobatan berfokus pada pengendalian peradangan dengan obat-obatan dan mengatasi penyakit mendasar yang memicu vaskulitis Anda. Untuk vaskulitis, Anda bisa menjalani dua tahap pengobatan – pertama menghentikan peradangan dan kemudian mencegah kambuh (terapi pemeliharaan). Kedua fase tersebut melibatkan obat resep. Obat mana dan berapa lama Anda harus memakainya bergantung pada jenis vaskulitis, organ yang terlibat dan seberapa serius kondisi Anda. Beberapa orang akan mengalami keberhasilan awal terapi, namun kemudian dapat mengalami flare-up. Orang lain mungkin tidak pernah melihat vaskulitis mereka benar-benar terkontrol dan membutuhkan perawatan yang berkelanjutan.

Apakah obat-obatan yang biasa dipakai mengobati vaskulitis?

1487928227475397029Lupred

Kortikosteroid merupakan salah satu kunci utama pengobatan vaskulitis.

Dokter Anda mungkin meresepkan obat kortikosteroid, seperti prednisolon (Lupred®) atau methylprednisolone (Medrol®), untuk membantu mengendalikan peradangan. Efek samping kortikosteroid bisa sangat parah, terutama jika Anda membutuhkannya untuk waktu yang lama. Kemungkinan efek sampingnya meliputi kenaikan berat badan, diabetes dan penipisan tulang (osteoporosis). Jika kortikosteroid diperlukan untuk terapi jangka panjang (perawatan), kemungkinan Anda akan menerima dosis terendah.

Obat lain mungkin diresepkan dengan kortikosteroid untuk mengendalikan peradangan sehingga dosis kortikosteroid dapat diturunkan lebih cepat. Obat-obat ini kadang-kadang disebut penghemat-steroid dan mungkin termasuk metothrexate (MTX), azathioprine (Imuran), mycophenolate (Cellcept) atau siklofosfamid (cytoxan).

Pengobatan spesifik yang Anda perlukan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan vaskulitis yang Anda miliki, organ mana yang terlibat, dan masalah medis lainnya yang Anda miliki. Terapi biologis seperti rituximab (Rituxan) atau tocilizumab (Actemra) mungkin direkomendasikan, tergantung pada tipe vaskulitis yang Anda miliki.

Kapankah vaskulitis memerlukan operasi?

Terkadang, vaskulitis menyebabkan tonjolan seperti balon (aneurisma) terbentuk di dinding pembuluh darah. Tonjolan ini mungkin perlu dioperasi. Arteri yang diblokir juga mungkin memerlukan perawatan bedah.

Bagaimana cara hidup sehat dengan vaskulitis?

Salah satu tantangan hidup terbesar Anda dengan vaskulitis adalah bagaimana dapat mengatasi efek samping obat. Saran berikut bisa membantu:

  • Pahami kondisi anda. Pelajari semua yang Anda bisa tentang vaskulitis dan perawatannya. Ketahui kemungkinan efek samping obat yang Anda minum, dan beritahu dokter tentang perubahan kesehatan Anda.
  • Ikuti rencana perawatan. Rencana perawatan Anda mungkin termasuk menemui dokter secara teratur, menjalani pemeriksaan secara rutin dan memeriksa tekanan darah.
  • Pilihlah makanan sehat. Makan dengan baik dapat membantu mencegah potensi masalah yang bisa diakibatkan oleh obat-obatan Anda, seperti penipisan tulang, tekanan darah tinggi dan diabetes. Pilihlah makanan yang menekankan buah dan sayuran segar, whole grain, produk susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak dan ikan. Jika Anda menggunakan obat kortikosteroid, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda memerlukan suplemen vitamin D atau kalsium.
  • Dapatkan vaksinasi rutin. Dengan terus mengupdate vaksinasi, seperti flu (Fluquadri ®) dan pneumonia (Prevnar 13®), dapat membantu mencegah masalah yang dapat terjadi akibat obat Anda, seperti infeksi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vaksinasi.

    prevnar13-0.5ml-syringe-10pk-product-image

    Vaksinasi dengan vaksin pneumonia dan influenza sangat penting untuk mencegah anda terkena infeksi menular.

  • Olahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Olahraga aerobik teratur, seperti berjalan kaki, dapat membantu mencegah keropos tulang, tekanan darah tinggi dan diabetes yang dapat dikaitkan dengan penggunaan kortikosteroid. Ini juga bermanfaat bagi jantung dan paru-paru Anda. Selain itu, banyak orang menemukan bahwa olahraga meningkatkan mood dan perasaan sehat secara keseluruhan. Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, mulailah perlahan dan bangun perlahan. Dokter Anda dapat membantu Anda merencanakan program latihan yang tepat untuk Anda.
  • Pertahankan sistem pendukung yang kuat. Keluarga dan teman bisa membantu Anda saat Anda mengatasi kondisi ini. Jika Anda pikir akan sangat membantu jika berbicara dengan orang lain yang tinggal dengan vaskulitis, mintalah anggota tim perawatan kesehatan Anda untuk terhubung dengan kelompok pendukung.

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.