Artikel Edukasi

Memilih karbohidrat yang baik untuk ODAI


Karbohidrat merupakan salah satu komponen utama diet sehat dan seimbang, selain tentunya sayur, buah dan sumber protein seperti daging, tahu, tempe dan produk susu. Namun demikian tidak semua karbohidrat baik untuk dikonsumsi ODAI, yuk simak lebih lanjut untuk memahami prinsip-prinsip pemilihan karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi. 

Prinsip 1: Kendalikan jumlah

Energi dari karbohidrat dalam bentuk glukosa merupakan sumber utama peradangan dan bahan bakar untuk reaksi imunitas di dalam tubuh. Oleh karena itu, ODAI harus pintar-pintar membatasi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi untuk mengurangi reaksi tersebut. Sebagai panduan umum, jumlah karbohidrat tidak boleh lebih dari 25% dari konsumsi pangan harian. Ikuti panduan visual di samping untuk mempermudah menentukan jumlah karbohidrat harian anda. Hindari juga karbohidrat tersembunyi, yang sering menjadi bahan tambahan pada makanan olahan, usahakan konsumsi makanan yang diolah seminimal mungkin.

Proporsi makan harian

Prinsip 2: Hindari karbohidrat olahan

Sumber karbohidrat harus dipilih dari produk yang diolah seminimal mungkin, utamakan sumber dengan kadar serat yang tinggi, seperti beras merah, beras hitam, oat bebas gluten, kentang dengan kulitnya, legumes (kacang merah dkk), lentils (dhal dkk) dan shirataki (konyaku). Hindari sumber karbohidrat yang sudah diolah berlebihan, seperti roti, mie, kue, biskuit dan lain sebagainya. Hal ini penting karena produk karbohidrat olahan akan mengakibatkan kadar glukosa darah meningkat secara drastis dan pada akhirnya sebabkan peradangan dan aktivasi sistem imunitas tubuh anda.

Prinsip 3: Variasikan sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat kompleks non olahan seperti di atas kaya akan multivitamin dan mineral yang beragam, variasikan sumber karbohidrat anda untuk mendapatkan manfaat maksimal. Jangan lupa buah-buahan juga sumber karbohidrat yang baik, pastikan anda mengkonsumsi 1 porsi buah bersama makanan anda ya.

complex carbds.png

Perbanyak konsumsi berbagai macam karbohidrat kompleks, pastikan diolah seminimal mungkin dan bebas gluten ya.

Prinsip 4: Hati-hati kontaminasi gluten

Saat memilih oat, beras dan sumber karbohidrat pilihan anda, pastikan baca label dan perhatikan apakah ada kontaminan gluten di dalamnya. Gluten berasal dari gandum, hindari produk-produk di mana pabrikan asalnya juga ikut memproduksi produk-produk dari gandum seperti tepung terigu, roti, mie dsbnya.

 

Salam LDHS, dr. Stevent Sumantri, Sp.PD, DAA

Ikuti untuk belajar lebih lanjut di profil-profil di bawah ini:

5 replies »

  1. Dok mau tanya kalo chia seeds apa termasuk karbo komplex?apa bisa untuk menggantikan nasi?dan apakah mengkonsumsi susu almond aman untuk ODAI?thank u.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.