Artikel Edukasi

Bijak memilih suplemen bagi penyintas autoimun


Kawan-kawan ODAI yang saya kasihi, seringkali kita bingung dengan berbagai suplemen yang ditawarkan, dengan iming-iming bahwa suplemen tersebut akan memperbaiki kesehatan kita dan membuat mencapai remisi. Namun demikian, pada kenyataannya ada banyak pembuat suplemen tidak bertanggung jawab yang konsumsinya akan membuat imunitas kita menjadi terlalu aktif dan pada akhirnya mengalami flare-up. Di sisi lain beberapa suplemen, seperti Vitamin D3 dan Omega 3 memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kualitas hidup ODAI. Apa saja yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi suplemen bagi penyintas autoimun? Yuk kita simak lebih lanjut.

Apakah ODAI butuh suplemen?

Jawabannya adalah tentu saja, namun kita harus berhati-hati dalam pemilihannya. Kondisi autoimun yang sangat beragam seringkali membuat kita kesulitan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang penting seperti asam lemak omega 3, vitamin D dan beberapa vitamin dan mineral penting lainnya. Pantangan diet yang terlalu ketat juga seringkali menjadi sumber masalah, jangan lupa ODAI membutuhkan nutrisi seimbang untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh dalam jangka panjang (baca lebih lanjut mengenai nutrisi untuk ODAI disini).

Suplemen apa saja yang dibutuhkan ODAI?

Sebagaimana disebutkan di atas, dua suplemen penting yang dibutuhkan ODAI adalah Vitamin D3 dan Omega 3. Vitamin D3 dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, kekuatan otot dan juga mempertahankan keseimbangan imunitas tubuh yang akan membantu kita mencapai remisi (baca lebih lanjut mengenai vitamin D3 disini). Selain itu kita juga membutuhkan asam lemak Omega 3 yang akan membantu untuk menurunkan kadar peradangan di dalam tubuh dan membantu dinding sel bekerja lebih fleksibel. Omega 3 bisa didapatkan dari ikan laut dalam, sayuran hijau dan produk susu, bagi yang mengalami kesulitan mengkonsumsi ketiga hal di atas kita bisa konsumsi suplemen Omega 3 sebesar 2000 mg/hari, pastikan murni Omega 3 tanpa penambahan Omega 6 dan 9. Selain itu tergantung kondisinya ODAI juga mungkin memerlukan suplementasi kalsium, vitamin K dan magnesium bagi yang mendapatkan terapi kortikosteroid dalam waktu panjang, konsultasikan dengan dokter yang merawat untuk dosis idealnya.

Suplemen apa yang berbahaya untuk dikonsumsi ODAI?

Pada dasarnya semua suplemen yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempunyai potensi untuk menyebabkan terjadinya flare-up atau kekambuhan pada ODAI. Beberapa suplemen yang harus diwaspadai adalah transfer factor, echninaceae (imboost, stimuno dsbnya), bawang putih dosis tinggi, zinc dosis tinggi dan banyak suplemen herbal/obat-obatan timur yang diindikasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh harus dihindari. Apabila kita tidak yakin, konsultasikan ke dokter yang merawat untuk mengkonfirmasi apakah suplemen-suplemen tersebut dapat dikonsumsi atau tidak.

Selain suplemen, bagaimana kita menjaga kesehatan untuk ODAI?

Ada banyak cara alamiah dan sehat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada ODAI sehingga tidak mudah terserang infeksi sekaligus membantu mengendalikan kondisi autoimun kita, beberapa diantaranya adalah:

  • Olahraga, salah satu yang paling penting untuk meredakan peradangan dan meningkatkan kesehatan sistem imun kita secara umum. Selain itu olahraga juga membantu kita tetap aktif, segar dan memberikan mood yang lebih baik, dimana pada akhirnya semakin meningkatkan tingkat kesehatan imun kita. Baca disini untuk belajar lebih lanjut mengenai olahraga untuk ODAI.
  • Tidur cukup, adalah salah satu kebutuhan alamiah manusia, kita orang dewasa membutuhkan 6-8 jam sehari tidur berkualitas baik untuk meredakan peradangan, memberikan tubuh waktu untuk memperbaiki sel dan jaringan yang rusak serta memberikan waktu bagi otak untuk mengolah memori dan meredakan stress akibat aktivitas sehari-hari.
  • Minum air putih cukup, merupakan cara untuk membuat sistem imun kita dapat bekerja dengan lancar, karena 60% tubuh manusia adalah cairan yang diperlukan untuk menjaga semua sistem di dalam tubuh dapat bekerja dengan lancar, termasuk juga sistem imun kita. Prinsip penting adalah minum cukup, bukan banyak, usahakan minum 1-2 gelas (250-500ml) air putih setiap 2 jam sekali untuk mempertahankan status hidrasi tubuh.
  • Mengembalikan kesehatan saluran cerna, seringkali merupakan langkah pertama untuk mengendalikan sistem imun kita sehingga bisa bekerja dengan baik. Gaya hidup modern seringkali membuat saluran cerna kita menjadi meradang dan tidak bekerja dengan baik, hal ini diduga disebabkan oleh karena adanya ketidakimbangan bakteri baik di tubuh kita. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi sediaan bakteri baik alamiah seperti kefir. Kefir bisa didapatkan dalam bentuk kefir susu, kefir air dan kefir air kelapa, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan sensitivitas masing-masing individu.
  • Mengendalikan stress, satu hal yang sering dilupakan oleh manusia modern adalah bahwa pikiran dan tubuh kita sangat berkaitan satu sama lain. Beberapa penelitian sudah membuktikan bawah stress berkepanjangan dikaitkan dengan penurunan status imunitas tubuh dan juga meningkatkan risiko ODAI mengalami kekambuhan penyakit. Pastikan bahwa kita pintar dalam mengendalikan stress harian untuk mencapai kondisi imunitas yang lebih baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan meditasi, yang contohnya dapat dilihat di link berikut ini.

Akhir kata, kita sebagai ODAI harus pintar-pintar dalam memilih suplemen yang baik dan diperlukan untuk tubuh kita, jangan mudah terbujuk rayu oleh penjual-penjual yang menghalalkan segala cara untuk menjual produknya. Selalu konsultasikan dengan dokter yang merawat apakah suplemen tersebut aman atau tidak ya. Bagikan, komentar dan diskusi lebih lanjut ya di kolom di bawah ini. Salam ODAI Sehat dan Berdaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.