Artikel Edukasi

5 Fakta mengenai sakit kepala yang harus diketahui


Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang sering dijumpai di keseharian kita dan dapat menyebabkan gangguan aktivitas serta kekhawatiran yang luar biasa. Jangan takut, pada artikel ini kita akan membahas beberapa fakta mengenai sakit kepala yang harus anda ketahui dan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Simak terus artikel di bawah ini untuk belajar lebih lanjut, salam sehat semangat.

Sakit kepala bukan berasal dari otak

Orang sering beranggapan kalau ada sakit kepala berarti merupakan masalah di otak, pada kenyataannya otak tidak mampu merasakan sensasi nyeri. Mungkin kita pernah lihat video-video yang menunjukkan seorang pasien menjalani operasi otak sambil terbangun, bermain gitar atau menulis, hal ini dikarenakan di otak tidak ada saraf perasa nyeri. Rasa nyeri yang timbul pada saat kita mengalami sakit kepala berasal dari struktur yang melingkupi otak, seperti selaput otak, kulit, otot, sendi dan jaringan lunak di daerah kepala, leher dan wajah (sinus).

Masalah di bahu dan leher seringkali menjadi penyebab utama sakit kepala.

Kesalahan postur dan gaya hidup merupakan penyebab utama sakit kepala

Sakit kepala seringkali bukan disebabkan karena gangguan di kepala, melainkan masalah di bahu dan leher yang disebabkan oleh kesalahan postur dan terlalu banyak melihat layar gadget/komputer. Duduk membungkuk dan fokus jarak pendek pada saat melihat layar gadget/komputer dalam jangka waktu lama membuat otot dan sendi berada pada posisi yang tidak baik. Hal ini membuat otot menjadi tegang, sendi bergeser dan jaringan pendukung sendi mengalami peradangan. Batasi waktu penggunaan gadget/komputer maksimal 1 jam setiap harinya, apabila akan lebih dari 1 jam harus istirahat dan stretching secara berkala untuk mencegah gangguan.

Postur menunduk karena terlalu banyak menggunakan komputer, gadget, menyetir atau kesalahan ergonomik harian sering menjadi penyebab sakit kepala.

Sakit kepala biasanya tidak berbahaya dan sembuh sendiri

Sebagaimana disebutkan di atas, sebagian besar sakit kepala disebabkan oleh karena gangguan sendi, otot dan jaringan ikat di sekitar kepala (leher dan bahu), sehingga tidak berbahaya. Tanda-tanda sakit kepala tidak berbahaya adalah apabila membaik dengan sendirinya secara perlahan, membaik dengan pijat atau peregangan, dan sakit kepala yang sifatnya seperti ada yang membebat kepala (nyeri tegang/tension).

Nyeri kepala hebat, pandangan kabur dan mual muntah merupakan tanda sakit kepala berbahaya

Namun demikian kita juga harus waspada, karena beberapa sakit kepala disebabkan oleh permasalahan di dalam kepala yang memerlukan perhatian segera. Tanda-tanda sakit kepala yang harus diwaspadai adalah nyeri kepala hebat yang semakin memberat dan tidak tertahankan. Selain itu apabila disertai dengan gangguan pandangan, seperti pandangan kabur, dobel atau seperti ada kilat biasanya ada masalah peningkatan tekanan dalam kepala atau tumor. Mual dan muntah, terutama muntah pada pagi hari atau muntah yang menyemprot adalah tanda-tanda peningkatan tekanan dalam kepala yang berbahaya. Selain itu nyeri kepala yang disertai dengan gangguan kesadaran seperti mengantuk dan sulit dibangunkan, juga disertai dengan kejang merupakan tanda sakit kepala yang berbahaya. Bila ada tanda-tanda seperti itu segera ke dokter atau ke unit gawat darurat untuk mendapatkan pertolongan segera.

Peregangan dan pijat merupakan penanganan pertama pada sakit kepala yang efektif

Bila tidak ada tanda-tanda bahaya di atas, maka peregangan dan pijat merupakan penanganan pertama yang efektif. Selain sebagai penangangan pertama, olahraga peregangan seperti yoga dan pilates merupakan metode yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya sakit kepala kronik (lihat disini untuk lebih lengkap). Dibawah ini bisa dilihat beberapa gerakan peregangan bahu dan leher yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan sakit kepala. Selain peregangan dan pijit, obat analgesik seperti paracetamol 1000mg dapat membantu untuk meredakan sakit kepala dengan cepat, namun batasi tidak lebih dari 8 tablet setiap hari. Bila sakit kepala tidak membaik dalam waktu 3 hari, ada baiknya kontrol ke dokter yang merawat untuk evaluasi lebih lanjut.

Peregangan otot leher dan bahu dapat menjadi pertolongan pertama yang efektif untuk sakit kepala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.